Pendidikan Agama Islam
- Posted by admin
- Categories ISLAM, Uncategorized
- Date July 17, 2022
- Comments 0 comment
Proses anak bisa membaca sebuah teks, terlebih teks al-Qur’an yang dalam membacanya harus berkaidah tajwi>d, ditunutut dengan pelan-pelan (tartīl) dan sesuai tempat hurufnya (makha>riju al-hurūf). Seorang anak mampu seperti itu, pasti atas dukungan oarng tua dan bimbingan guru. Ketika anak usia 6 (enam) atau 7 (tujuh) tahun, oleh orang tuanya di daftarkan ke majlis al-Qur’an atau Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Atas dasar permaslahan di atas, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian sebagai berikut; (1) Bagaimana peran orang tua dan guru dalam pembelajaran talaqqi> Al-Qur’an di TPQ Al-Makmur Bandar Lor Mojoroto Kota Kediri, (2) Bagaimana pembelajaran talaqqi> Al-Qur’an di TPQ Al-Makmur Bandar Lor Mojoroto Kota Kediri, (3) Metode apa yang terkait pembelajaran talaqqi> Al-Qur’an
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara untuk analisis data peneliti menggunakan teknik analisis model alur yang meliputi; reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Implikasi dari penilitian, 1. Kuatnya dukungan dan dorongan orang tua mendaftarkan putra-putrinya mengikuti pembelajaran Qur’an di TPQ Al-Makmur Bandar Lor Mojoroto Kota Kediri. 2. Bimbingan guru ahli baca Al-Qur’an sangat menentukan kemampuan peserta didik TPQ 3. Tidak tergantikan pembelajaran Al-Qur’an, selain dengan talaqqi> dan mushafahah .
Kata Kunci: Peran Orang Tua dan Guru, Pembelajaran Talaqqi>
You may also like
Hello world!
Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start writing!